Jumat, 17 Januari 2014

ANTROPOLOGI KAMPUS PMII

Antropologi secara bahasa berasal dari kata anthropos yaitu manusia, sedangkan logs yaitu ilmu. antropologi merupakan suatu ilmu yang pembahasannya membicarakan seputar manusia seperti perilaku, kebudayaan,agama, ras, bahasa dan aspek-aspek material maupun non material lainnya dari manusia.Secara garis besar antropologi dibagi menjadi 2 macam, yaitu antropologi fisik dan budaya.
Kampus berasal dari bahasa latin, campus yang berarti lapangan luas. Dalam pengertian modern kampus berarti sebuah daerah tertutup yang merupakan kumpulan gedung-gedung universitas. Kampus merupakan tempat belajar  mengajar berlangsungnya misi dan fungsi perguruan tinggi. tempat berinteraksi antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa. Kampus boleh dikatakan miniatur negara karena di dalamnya ada poklitik dan kebudayaan yang bermacam-macam.
kampus sebagai lingkungan akademis terdiri dari berbagai warna kehidupan ada yang berperan sebagai dosen, mahasiswa, pegawai. yang menjadi peran paling penting dan ciri utama sebuah kampus adalah dosen dan mahasiswa yang merepresentasikan adanya hubungan saling bertukar informasi atau pengetahuan.
Antropologi kampus pada dasarnya berusaha menjelaskan bagaimana kehidupan (manusia) dalam lingkungan kampus, khususnya mahasiswa sebagai pemeran utama.

TIPOLOGI MAHASISWA (GAYA HIDUP MAHASISWA)

sebagai kader PMII kita harus mengetahui beberapa tipolgi mahasiswa, setiap mahasiswa memiliki gaya atau tipe yang berbeda, kita sebagai kader PMII harus mmpu menempatkan diri kita pada golongan yang seperti apa. berikut tipologi mahasiswa:
1.  Hedonis = mahasiswa yang hidup dengan mengikuti perkembangan zaman, gaul, populer.
2. Akademis (pemikir) = golongan mahasiswa yang memanfaatkan status kemahasiswaannya sebagai waktu untuk menimba ilmu.
3. Aktivis = mahaisswa yang ikut dan katif pada organisasi.
4. Apatis = sikap acuh tak acuh, tak mau tahu tentang kondisi sosial dan politik dikampus.
5. Humoris = mahasiswa yang memanfaatkan waktunya sebagai masa liburan, mendapatkan kebebasan dari perhatian orang tua.
6. Mahasiswa study oriented = tipikal mahasiswa yang selalu rajin masuk kuliah dan melaksanakan tugas akademik, mendapat nilai bagu, cepat lulus.
7. Mahasiswa agamis = tipikal mahasiswa kemana-mana membawa al-quran, berpakaian ala orang arab, menjaga jarak dengan lawan jenis.
8. Mahasiswa santai apa adanya = tipikal mahasiswa yang tidak banyak berfikir, menjalani kehidupan apa adanya, tidak banyak memikirkan kuliah.
9. Mahasiswa mencari cinta
10. Mahasiswa jomblo tidak laku-laku
11.  Mahasiswa tidak jelas
12. Mahasiswa gadungan
13. Mahasiwa abadi.

KAMPUS DAN PMII

kampus adalah ruang kaderisasi bangsa. Kampus memiliki pemerintahan dan rakyat, oleh karananya kita akan menemukan berbagai kelompok yang akan bertaruh dalam memperebutkan eksistensi di kampuas.
Benturan ideologi antar gerakan mahasiswapun akan terjadi dikampus, inilah yang menjadikan kehidupan di kampus menjadi sangat kondusif. Sejarah mencatat bahwa perubahan-perubahan mendasar di negara ini juga berangkat dari komunitas-komunitas intelektual kampus. Kampus sebagai laboratorium demokrasi indonesia
Kampus memiliki pemerintahan BEM atau SEMA, PEMIRA sebagai momentum mengakselerasi perubahan-perubahan yang dianggap penting oleh gerakan mahaiswa dengan segala karakteristik perjuangannya.
PMII sebagai organisasi ekstra kampus membina dan mendistribusikan kader-kadernya untuk aktif dalam lembaga-lembaga kampus, agar kader PMII bisa menempa dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.dan disinilah PMII akan emakin meneguhkan perjuangannya dalam menyalurkan aspirasi mahasiswa di segala lapisan baik akademisi, organisatoris hingga preman kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar